Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Konten Instagram Dan Foto Produk Hasil Hidroponik di Pondok Pesantren Miftahul Falah

Pondok Pesantren Miftahul Falah merupakan pondok pesantren yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Miftahul Falah dan berlokasi di Kota Bandung, Jawa Barat. Dalam perkembangannya hingga saat ini, YPI Miftahul Falah telah mendirikan Pondok Pesantren Putra Putri, Majelis Taklim, Madrasah Diniyah, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah. Sejak wabah Covid-19 meluas, pesantren mulai menghadapi kendala dalam operasionalnya. Kendala operasional ini berdampak juga pada kondisi finansial pesantren.

Kami dari tim pengabdian masyarakat Fakultas Industri Kreatif berkolaborasi dengan Fakultas Rekayasa Industri Universitas Telkom kemudian berinisiatif menawarkan solusi permasalahan tersebut dengan merancang dan menerapkan perkebunan hidroponik. Solusi ini didasarkan pada hasil wawancara dengan pihak pesantren dan saat ini solusi tersebut telah memberikan manfaat banyak bagi pesantren dan warga sekitar pesantren.

Meskipun manfaat dari pertanian mulai dirasakan oleh masyarakat sasar, namun ditemukan kendala dalam pemasaran produk hasil hidroponik yang telah dipanen. Strategi pemasaran menggunakan website pada kegiatan pengabdian masyarakat sebelumnya dinilai belum bisa meningkatkan penjualan dari hasil hidroponik Pondok Pesantren Miftahul Falah sehingga memerlukan strategi baru yang lebih menarik minat calon konsumen. Dari permasalahan tersebut, pihak tim pengabdian masyarakat merumuskan strategi pemasaran baru menggunakan media sosial instagram.

Kegiatan ini merupakan rangkaian ketiga dari pengabdian masyarakat di Pondok Pesantren Miftahul Falah. Strategi pemasaran ini difokuskan kepada 2 hal yaitu foto produk dan pembuatan caption/ copywriting untuk konten. Materi tersebut dikemas dalam bentuk pelatihan. Pelatihan dilakukan dalam dua sesi. Sesi pertama adalah proses transfer ilmu pengetahuan mengenai cara melakukan foto produk dan menulis caption yang menarik. Sesi kedua adalah sesi workshop dimana para peserta melakukan praktik atas ilmu yang barusan disampaikan.

Pelaksanaan pelatihan dilakukan selama 1 hari di tanggal 23 November 2022. Peserta kegiatan ini terdiri dari para guru dan santri Pesantren Miftahul Falah. Sekitar 20 orang peserta hadir dalam pelatihan ini. Pada materi foto produk, peserta diajarkan untuk mengenal apa saja perlengkapan yang dibutuhkan dan bagaimana angle (sudut kamera) yang menarik dalam foto produk. Pada materi kedua, peserta mengenal apa manfaat dari penulisan caption/ copywriting yang baik dalam meningkatkan penjualan produk serta bagaimana cara menulis caption yang menarik khususnya untuk media sosial instagram. Setelah transfer ilmu dilakukan, dilakukan sesi praktik yaitu pengaplikasian materi yang barusan diberikan.

Dokumentasi saat pelatihan berlangsung dapat dilihat pada gambar di bawah ini:

        






    



Pada akhir acara, tim pengabdian masyarakat meninjau tingkat ke-berhasilan program ini. Hasil konten yang telah diunggah akan diberikan komentar dan dipilih 3 konten terbaik dan diberikan hadiah. Sebagai penutup kegiatan ini dilakukan survei terhadap peserta kegiatan sebagai penerima manfaat kegiatan abdimas. Dari survei yang dilakukan didapatkan kesimpulan seluruh peserta kegiatan mendapatkan manfaat dari kegiatan ini.

 

Tim :

  • Nina Nursetia Ningrum, S.Pd., M.Pd.

  • Angelia Lionardi, S.Sn., M.Ds.

  • Irfan Dwi Rahadianto, S.Ds., M.Ds.

  • Mario, S.Ds., M.Ds.

  • Mohamad Tohir, Drs.S.ST.,M.Ds.

  • Dr. Riksa Belasunda, Drs. S.ST., M.Ds.

  • Ahmad Almaarif, S.Kom., M.T.

  • Rd. Rohmat Saedudin, S.T., M.T., Ph.D.

  • Adityas, S.T., M.T.

  • Adzin Rozan Nasywa

  • Nabila Anastasya

  • Alifurfan Wiradwipa

  • Rafly Yogaswara

  • Alfian Rifki Irawan
  • Hernanda Eka Prasetyo